Kamis, 16 Juni 2011

Varian Baru Honda Scoopy

PT Astra Honda Motor memperkenalkan dua warna baru Honda Scoopy, yakni merah dan biru, untuk memenuhi permintaan pencinta skutik retro modern. Mereka juga memberi pilihan yang beragam kepada konsumen. Demikian yang disampaikan agen tunggal pemegang merek sepeda motor Honda dalam rilisnya yang diterima Kompas.com, Senin (4/4/2011).
PT Astra Honda Motor (AHM) perlu menambah varian warna lantaran pasar Scoopy di luar dugaan cukup fantastis. Dalam laporan disebutkan kalau skutik retro yang kali pertama diluncurkan pada Mei 2010 itu telah menyumbang kontribusi 13 persen dari total pasar skutik Honda yang pada Januari-Februari telah terjual 328.978 unit atau menguasai 52,45 persen total penjualan skutik yang mencapai 627.179 unit.
Menangkap pertumbuhan pasar skutik yang mulai subur, Johannes Loman selaku Executive Vice President Director AHM, telah memutuskan untuk menaikkan kapasitas produksi bulanan Scoopy dari 14.000 unit menjadi 25.000 unit mulai Januari lalu.
Permintaan terhadap Scoopy tinggi karena "Karakter desain Scoopy yang unik dan sangat diapresiasi oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, Scoopy kini jadi tren baru di Indonesia," ujar President Director AHM Yusuke Hori. Ia yakin, penyegaran warna tersebut akan lebih menarik minat konsumen untuk mengikuti tren "Scoopy Fever".
Untuk memperkuat posisi sebagai sepeda motor unik di pasar domestik, AHM selalu menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda bagi kalangan muda. Tawaran itu termasuk Scoopy berkelir merah dan biru yang mencerminkan "fun & playful" (seru dan ceria). Sementara itu, buat kalangan dewasa, AHM tetap menghadirkan konsep modern berkelas dengan cara memperbaharui kombinasi warna retro pink serta mempertahankan warna classic white dan vintage violet.
Kesan modern tampak pada sisi Scoopy, yang tampil dengan simple striping, emblem bergaya, dan tampilan belakang yang membulat. Jadi, kini Scoopy punya lima varian dan dijual dengan harga sama, Rp 13.550.000 (on the road di Jakarta).
Untuk pembelian dan pemesanan 2 varian baru ini telah tersedia di dealer Honda Belilas Motorindo Mandiri yang beralamat di JL. RAYA BELILAS NO.23 Telp 0769 323771 dan dealer dealer resmi honda lainnya..
klik disini masbro »» Varian Baru Honda Scoopy

Honda Spacy Helm In

PT Astra Honda Motor meluncurkan produk terbarunya, Spacy, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini (4/5/2011). Skuter otomatik (skutik) ini menyasar segmen entry level dan berdampingan dengan BeAt.
Pertumbuhan pasar skutik sangat pesat sekarang ini. Honda yang masuk pada 2006 punya pangsa pasar awal 8,3 persen. Setelah empat tahun, pertumbuhannya melesat menjadi 45,6 persen atau 3,37 juta unit pada 2010. Lonjakan tinggi inilah yang membuat PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Spacy, di samping juga karena konsep skutik sebagai sepeda motor serbaguna membuatnya kian digemari konsumen Indonesia.
Yusuke Hori, Presiden Direktur AHM, mengatakan bahwa dalam kuartal pertama tahun ini, pangsa pasar skutik berhasil menggeser pangsa motor bebek yang selama ini dominan. "Kami menawarkan Spacy dengan konsep usefull for daily life dengan mengaplikasikan Helm In sehingga bisa menampung barang bawaan dalam aktivitas sehari-hari," urai Hori di sela-sela peluncuran, hari ini.
Helm In merupakan fitur unggulan Spacy berupa bagasi berkapasitas 18 liter yang mampu memuat helm fullface. Spacy dibekali mesin yang sama dengan BeAT, 110 cc dengan gerak 4 langkah OHC bertenaga 8,54 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,03 Nm pada 6.000 rpm.
Honda mengklaim, konsumsi BBM Spacy rata-rata 1 liter per 41 km. Hori melanjutkan, dengan kapasitas tangki 5 liter (terbesar di kelasnya), Spacy mampu menjelajah sejuah 205 km sekali isi bensin.
Fitur lain yang ditawarkan masih serupa dengan model-model sebelumnya, seperti tuas pengunci rem, standar samping otomatis, dan pengaman kunci otomatis bermagnet. Fitur baru lain yang ada di Spacy adalah auto headlight on (lampu otomatis menyala saat mesin hidup).
Honda Spacy ditawarkan dalam dua varian, yakni dengan velg jari-jari dan palang (casting wheel). Masing-masing dibanderol Rp 11,75 juta sampai dan 12,55 juta on the road Jakarta. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, mulai Emperor Black, Imperial White, Royal Blue, Majestic Red, dan Legacy Green.
Untuk pembelian dan pemesanan unit ini telah tersedia di dealer Honda Belilas Motorindo Mandiri yang beralamat di JL. RAYA BELILAS NO.23 Telp 0769 323771 dan dealer dealer resmi honda lainnya.. 
klik disini masbro »» Honda Spacy Helm In

Honda CBR 250R

Harga Honda CBR 250R - Spesifikasi Honda CBR 250RSetelah sekian lama singgasana pasar motor sport kelas 250 cc dikuasai Kawasaki Ninja 250, PT Astra Honda Motor akhirnya menghadirkan Honda CBR 250R, motor sport premium 250 cc, dan menggenjot produksinya hingga 2.500 unit per bulan, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang diprediksi sebesar 800.000 unit di tahun 2011 ini.

Dengan Harga Honda CBR 250R sebesar Rp39,9 juta untuk varian tanpa rem ABS dan Rp46,5 juta dengan ABS on the road di Jakarta, cukup bersaing dengan motor sejenis di kelasnya.

Spesifikasi Honda CBR 250R :
Spesifikasi Sistem Kelistrikan
pengapian: Computerized Digital transistorized dengan elektrik advance
Starter: Elektric starter
Pengisian: Alternator dengan output tiga phase
Regulator / rectifier: Dibuka oleh SCR, rektifikasi gelombang penuh tiga phase

Spesifikasi Sistem Pelumasan
Kapasitas oli mesin: 1,4 liter
Viskositas oli mesin: SAE 10W-30 JASO T 903 Standar: MA
Spesifikasi Sistem Bahan Bakar (PGM-FI)
Nomor identifikasi throttle body: GQ9JA
Diameter throttle: 38 mm
Putaran stasioner mesin: 1.400 ± 100 min¯¹ (rpm)
Jarak main bebas throttle grip (putaran gas tangan): 2 - 6 mm
Tahanan fuel injector (20°C): 11 - 13 ?
Tekanan bahan bakar pada putaran stasioner: 294 kPa (3,0 kgf/cm², 43 psi)
Aliran fuel pump: Minimum 69,2 cm³/10 detik
Tahanan PAIR control solenoid valve 20°C: 24 – 28 ?

Spesifikasi Sistem Pendinginan
Kapasitas radiator: 1,10 liter
Tekanan pelepasan radiator cap: 93,2 - 122,6 kPa (0,95 - 1,25 kgf/cm²; 13,5 - 17,8 psi)
Thermostat mulai membuka: 81 - 84°C
Antifreeze yang dianjurkan: Antifreeze ethylene glycol berkualitas tinggi yang mengandung pencegah karat bebas silicate
Konsentrasi standar cairan pendingin: 1 : 1 (campuran dengan air suling)

Dimensi
P x L x T: 2.030 mm x 720 mm x 1.127 mm
Jarak sumbu roda: 1.369 mm
Tinggi jok ke tanah: 784 mm
Tinggi footstep ke tanah: 328 mm
Jarak terendah ke tanah: 145 mm
Berat motor siap pakai: 163 kg (CBR 250 STD) dan 167 kg (CBR 250 ABS)
Berat muatan maksimum: 140 kg
Kapsitas fuel tank: 13 liter

Rangka
Tipe rangka: Twin spar (tiang ganda)
Kaki-kaki
Suspensi depan: Teleskopik
Jarak travel sok depan: 118 mm
Suspensi belakang: lengan ayun, monosok Pro-link
Ukuran ban depan: 110/70-17 M/C 54S
Ukuran ban belakang: 140/70-17 M/C 66S
Rem depan-belakang: Cakram tunggal hidrolik
Sudut caster: 25° 00'
Panjang trail: 95 mm

Mesin
Susunan silinder: Silinder tunggal miring 20° dari vertikal
Bore x stroke: 76 x 55 mm
Perbandingan kompresi: 10,7 : 1
Penggerak klep: DOHC digerakkan rantai dengan rocker arm.
Untuk pembelian dan pemesanan unit ini telah tersedia di dealer Honda Belilas Motorindo Mandiri yang beralamat di JL. RAYA BELILAS NO.23 Telp 0769 323771 dan dealer dealer resmi honda lainnya..
klik disini masbro »» Honda CBR 250R

Tips Hemat Bahan Bakar Motor Matic

Hampir menjadi pendapat umum bahwa motor matic sangat boros dalam pemakaian bahan bakar! Mungkin anda salah dalam merawat dan menggunakan motor matic tersebut. Berikut ada tips kecil agar motor matic kesayangan anda irit dalam pemakaian bahan bakar.

1. Rajin membersihkan karburator
Fungsi kerja karburator adalah mengatur suplai bahan bakar pada mesin. Jika anda tidak rajin dalam merawat alias malas membersihkan, hal ini menyebabkan suplai bahan bakar pada mesin tidak berlangsung secara normal dan pada gilirannya membuat pembakaran pada mesin juga tidak sempurna, saat motor dipacu yang sudah barang tentu membutuhkan kerja mesin secara maksimal, akan memaksa karburator menyalurkan bahan bakar secara berlebih dari biasanya alias boros.




2. Rutin mengganti oli mesin secara berkala sesuai aturan
 
Mesin adalah blok utama pada semua jenis motor yang berfungsi sebagai penggerak. Fungsi olie pada mesin adalah agar membuat bagian dalam mesin tidak cepat aus atau macet ketika harus bekerja/bergesekan). Jika olie pada mesin tidak diganti secara rutin (berkala sesuai aturan), maka mesin akan berkerja lebih berat (dikarenakan tingkat kekentalan pada olie berubah oleh panas pada mesin dan pemakaian mesin dalam jangka waktu tertentu). Jika mesin bekerja lebih berat dari biasanya tentu membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit.




3. Rajin memeriksa tekanan angin pada kedua ban (depan dan belakang)
Lebih mudah mana? menarik gerobak bermuatan 1 ekor gajah  dengan menarik gerobak bermuatan 1  semut?
Memeriksa tekanan angin pada ban mungkin hal yang sangat sepele, akan tetapi sebenarnya setiap motor dirancang memiiki batas muatan maksimal. Jika tekanan angin pada ke dua ban tidak sesuai standar (lebih-lebih jika over muatan) maka kerja mesin akan berlangsung berat agar bisa melaju, dan tentunya membutuhkan bahan bakar dalam jumlah cukup banyak.





4. Jangan menarik gas secara spontan
Putaran stabil pada mesin tidak terjadi secara spontan, melainkan butuhkan beberapa saat. Seperti saat pertama kali mengayuh sepeda tentu sangat berat, jika putaran pada kedua ban sudah stabil, maka proses mengayuh jauh terasa lebih ringan. Begitu juga dengan putaran pada mesin motor matic, jika pada awal start anda menarik gas secara spontan (dengan maksud agar motor dapat melaju kencang), maka suplai bahan bakar pada mesin akan masuk dalam jumlah banyak, padahal pembakaran baru terjadi dan belum stabil, nah hal ini lah yang membuat motor matic kesayangan anda terkesan boros dalam pemakaian bahan bakar. Tipsnya adalah biarkan beberapa saat mesin bekerja agar mencapai putaran secara stabil (jumlah bahan bakar yang dipakai standar), baru kemudian anda dapat menambah gas agar motor dapat melaju lebih kencang.
klik disini masbro »» Tips Hemat Bahan Bakar Motor Matic

Rahasia Quadtrick Stoner

Sepanjang karirnya di MotoGP Casey Stoner belum pernah meraih empat kemenangan beruntun. Saat kans tersebut terbuka lebar di MotoGP Belanda, pembalap asal Australia itu malah memilih berhati-hati.

Stoner sudah meraih tiga kemenangan beruntun di tiga seri terakhir MotoGP musim 2011. Podium teratas yang dia dapat di Le Mans, Katalunya dan Silverstone mengantar dirinya naik ke puncak klasemen, menggeser Jorge Lorenzo.

Kans Stoner meraih kemenangan keempat secara beruntun terbuka lebar karena Assen merupakan salah satu lintasan favoritnya. Namun pembalap asal Australia itu tak mau terlena dengan apa yang sudah dia raih dan memilih untuk berhati-hati di balapan yang akan dilangsungkan pekan depan.

"Saya benar-benar menikmati lintasan-lintasan di seri berikutnya tapi segala hal bisa terjadi, saya bisa saja membuat kesalahan, jadi kita lihat saja apa yang akan terjadi. Setiap balapan adalah sesuatu yang baru buat saya karena kemenangan di balapan sebelumnya tak ada pengaruhnya dengan itu (balapan di Assen)," sahut Stoner.

Peluang Stoner untuk meneruskan rentetan kemenangan yang dia raih sesungguhnya bisa lebih panjang lagi. Soalnya di tiga seri selanjutknya yakni di Mugello, Sachsenring dan Laguna Seca Stoner pernah menang saat masih menunggangi Ducati. Demikian diberitakan MCN.
klik disini masbro »» Rahasia Quadtrick Stoner

Kejurda Motoprix Kalbar

Panitia penyelenggara Motoprix Kejuaraan Daerah (Kejurda) Serie II Kalimantan Barat (Kalbar), mengundang segenap masyarakat Bumi Khatulistiwa untuk menyaksikan langsung petandingan di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Minggu 12 Juni 2011 mendatang.

"Kejuaraan ini akan diikuti pebalap terbaik dari berbagai daerah Kalbar," kata Ketua Umum IMI Kalbar, Syarief Machmud Alkadrie, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (07/06/2011).

Dikatakannya, kejuaraan tersebut merupakan ajang untuk menggali bibit-bibit pebalap berbakat sekaligus menambah pengalaman para pebalap terdahulu.
klik disini masbro »» Kejurda Motoprix Kalbar

Kalender Motoprix 2011

Kalender Balap Motoprix 2011

Region I
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Bengkulu 06 Maret 2011
 
2.  Sumatera Utara 03 April 2011
 
3.  Sumatera Barat 17 April 2011
 
4.  Riau 01 Mei 2011
 
5.  Jambi 15 Mei 2011
 
6.  Sumatera Selatan 19 Juni 2011
 
7.  Lampung 03 Juli 2011
 
8.  Aceh 17 Juli 2011
 
9.  Riau 11 September 2011
 


Region II
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Banten 13 Februari 2011
 
2.  DKI Jakarta 13 Maret 2011
 
3.  Jawa Tengah 10 April 2011
 
4.  Jawa Timur 17 April 2011
 
5.  Jawa Barat 01 Mei 2011
 
6.  Jawa Timur 05 Juni 2011
 
7.  DI Yogyakarta 17 Juli 2011
 
8.  DKI Jakarta 11 September 2011
 
9.  Jawa Barat 09 Oktober 2011
 


Region III
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Bali 10 April 2011
 
2.  Nusa Tenggara Barat 29 Mei 2011
 
3.  Nusa Tenggara Timur 03 Juli 2011
 


Region IV
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Kalimantan Timur 03 April 2011
 
2.  Kalimantan Selatan 05 Juni 2011
 
3.  Kalimantan Selatan 03 Juli 2011
 
4.  Kalimantan Barat 11 September 2011
 
5.  Kalimantan Tengah 02 Oktober 2011
 
6.  Kalimantan Timur 06 November 2011
 


Region V
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Sulawesi Utara 06 Maret 2011
 
2.  Sulawesi Selatan 03 April 2011
 
3.  Sulawesi Barat 10 April 2011
 
4.  Gorontalo 01 Mei 2011
 
5.  Sulawesi Utara 08 Mei 2011
 
6.  Maluku Utara 15 Mei 2011
 
7.  Sulawesi Tenggara 05 Juni 2011
 


Region VI
 
No  Seri Tanggal Pelaksanaan Lintasan  Pemenang Seri
1.  Papua Barat 01 Mei 2011
 
2.  Papua 03 Juli 2011
klik disini masbro »» Kalender Motoprix 2011

Rekor Drag Bike Matic

Pelaksanaan babak final Nite Battle Pertamina Enduro KYT TDR Dragbike 2011 (12/6) yang sudah dini hari, malah membuat catatan waktunya semakin tajam. Di babak penyisihan kelas Matic Tune Up s.d. 200 cc  Imam Ceper mampu mencetak waktu 7,846 detik, maka di babak final joki Tomo Speed Shop itu bisa mempertajam catatan waktu menjadi 7,678 detik. Dengan hasil tersebut, Imam berhak jadi juara pada kelas tersebut.

Enggak hanya di kelas itu Imam berjaya. Dengan kemampuannya start bagus di kelas Matic Tune Up s.d. 155 cc, Imam bisa mempercepat catatan waktu 8,142 detik milik Saiful Cibef menjadi 8,101 detik.

bocakita: Persiapan matang yang dilakukan Ayip Rosidi, membuat joki tim Vincent's B-nana Raving Gallery itu mampu fastest di kelas Matic Tune Up s.d. 300 cc. "Rekor 7,1 detik minggu lalu, sekarang terpecahkan jadi 7,086 detik," aku Ayib dengan bangga. (otosport.co.id)

Hasil lomba

Matic Tune Up s.d. 155cc
1 Imam Ceper/Tomo Speed Shop
2 Toni Louhan/14 TL Senang Hati
3 M Ramzi/Tomo Speed Shop

Matic Tune Up s.d. 200cc
1 Imam Ceper/Tomo Speed Shop
2 Adi S Tuyul/Pells Rextor Kawahara
3 Toni Cupank/Pells Rextor Kawahara

Matic Tune Up s.d. 300cc
1 Ayip Rosidi/Vincent's B-nana Racing Gallery
2 Dwi Batang/Marcelio Motor Sport
3 Toni Cupank/Mihama Batik PKL
klik disini masbro »» Rekor Drag Bike Matic

Rekor Baru Megelli

Motor Minerva Megelli 250 cc yang digunakan di ajang balap Minerva Sachs Racing Championship (MSRC) seri kedua di sirkuit Sentul Bogor (12/6) lalu, rupanya sudah mulai lebih baik dari pada yang diperkirakan. Pada saat sesi kualifikasi, maksimal lap time yang bisa dicapai oleh para pembalap masih diatas 2 menit. Tapi pada saat balapan berlangsung, 2 pembalap teratas tembus lap time 1 menit 59 detik.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihak PT Minerva Motor Indonesia (MMI). Apalagi ekspektasi awal mereka tidak secepat itu untuk seri awal. Kedua pembalap yang mampu mencetak lap time yang bagus tersebut adalah Arie Octane dengan 1 menit 59.639 detik dan Tommy Patria dengan 1 menit 59.858 detik.

“Kami sangat senang karena ekspektasi kami khususnya untuk lap time tercepat di sirkuit Sentul Bogor pada seri kedua kali ini, tidak secepat itu. Namun kerja keras tim di paddock menuai hasil yang cukup memuaskan. Kami juga sangat puas dengan hasil seri kedua. Kami yakin di seri ketiga nanti hasilnya bisa lebih memuaskan,” papar Jasin Jasid kepala mekanik Minerva Racing.

Arie Octane yang mampu mencetak hasil bagus di sesi balapan, juga mengatakan bahwa pada sesi kualifikasi performa motornya memang agak lamban. Hal ini dikarenakan ia menginginkan setting yang berbeda dan hasilnya agak mengecewakan. Namun setelah dikembalikan lagi settingnya seperti pada latihan bebas, ia langsung mencetak hasil yang memuaskan.

“Sebelum balapan, kami mengembalikan setting motor seperti pada sesi latihan bebas. Hasilnya cukup memuaskan, saya bisa memaksimalkan performa motor. 1 menit 59 detik adalah hasil yang terbaik. Kalau mau lebih baik dari itu untuk seri ini, saya rasa masih agak sulit. Semoga untuk seri ketiga nanti akan lebih baik lagi,” yakin Arie. (otosport.co.id)
klik disini masbro »» Rekor Baru Megelli

Yutaka Disk Brake

PT. Yutaka Manufacturing Indonesia (YMI), salah satu produsen cakram di Indonesia, siap mengeluarkan disc brake floating buat bebek balap. Cakram kompetisi itu dibuat untuk bebek Honda yang turun di Honda Racing Championship 2011.
Kita pakai dulu buat tim yang kita support. Untuk diproduksi massal belum ada kepastian karena menyangkut jadwal produksi, ujar Nobuhiro Fujita, Technical Advisor PT. YMI di Cibitung, Jawa Barat.
Piringan rem yang dirancang YMI punya kesamaan dengan standarnya bebek Honda generasi Absolut Revo dan Blade. Ketebalan 4,5 mm dan diameter 220 mm.
Perbedaanya di komponen pendukung floating. Tipe alumuniumnya khusus, jelas Fujita, salah seoarang perancang cakram untuk Honda CBR1000R di ajang World Superbike.
klik disini masbro »» Yutaka Disk Brake

One Make Race Honda Bertajuk Honda Racing Championship

Dengan tujuan pengembangan sayap di dunia balap nasional, PT Astra Honda Motor (AHM) memperbanyak seri one make race (OMR) yang mereka bikin. Pada musim balap 2011 ini akan ada 9 seri Honda Racing Championship (tahun lalu hanya 5 seri).
“Pada musim ini, AHM lebih intens terhadap dunia balap nasional. Kita juga melihat animo masyarakat di luar Jawa cukup tinggi terhadap balapan Honda. Itu jadi alasan kenapa tahun ini menggelar OMR enggak hanya di pulau Jawa,” ujar Anggono Iriawan, manager safety riding & motorsports department AHM.
Komposisi jadwal OMR Honda sendiri, 5 seri akan digelar di pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Jepara, Yogyakarta dan Surabaya) dan sisanya akan menjelajah dari Medan (Sumut), Banjarmasin (Kalsel) dan Makasar (Sulsel). “Satu seri lagi, jadwalnya masih belum pasti. Ada 2 kota yang jadi pilihan, yakni Manado dan Bali,” jelas Anggono.
Walau jadwalnya sudah diperbanyak, namun hanya 5 seri balapan di pulau Jawa saja yang sistem poinnya berlaku. Namun bagi pembalap-pembalap yang berlaga di luar Jawa, diberikan hak khusus. Bagi mereka-mereka yang masuk 3 besar, akan diberi jatah untuk bisa berlaga di final OMR yang rencananya akan diselenggarakan di Surabaya.
Selain bertujuan untuk mengembangkan sayap, OMR di luar pulau Jawa juga akan dipakai untuk transfer ilmu seputar hardware dan software yang dikembangkan oleh HRC (Honda Racing Corporation) untuk AHM.
Ada hal menarik lainnya soal penyelenggaraan balapan ini. Salah satu kota di pulau Jawa yang akan disinggahi adalah Jepara. “Rencananya OMR Honda di Jepara akan diselenggarakan di kawasan stadion olah raga di kota tersebut. Animo masyarakat yang cukup tinggi dan jangan sampai ada kekosongan jadwal OMR Honda di wilayah utara pulau Jawa, jadi alasan ada penyelenggaraan di Jepara,” kata Anggono.
Seperti pada musim tahun lalu, OMR Honda tahun ini juga akan menyelenggarakan balapan sebanyak 7 kelas. Di antaranya adalah untuk pembalap seeded dan pemula A (Bebek Tune Up 125 dan 110 cc), pemula B (Bebek Standar 125 dan 110 cc) dan balap skutik Honda. (otosport.co.id)
klik disini masbro »» One Make Race Honda Bertajuk Honda Racing Championship

Balapan Skutik : Road Race Matic

Pelan namun pasti, balap skutik mengikuti irama pesatnya penjualan motor matik. Sebanyak 37,7 persen (data AISI per Oktober 2009) pasar dikuasai motor gambot dengan dominasi bodi plastik itu. Beberapa usaha dan industri pendukung sepeda motor bahkan lebih dulu menjadi gerbong penarik ATPM untuk terjun. Skutik race pun digadang-gadang bisa menciptakan keriaan tersendiri. Namun inikah wujud road race jilid II?

STATUS INTERNASIONAL

Sedikit review, Suzuki pernah menggelar eksibisi skutik saat one make race (OMR) mereka masih berkibar hingga akhir tahun lalu. Meski masih sedikit peserta, setidaknya memberi sedikit petunjuk ATPM berlogo ’S’ membuka diri terhadap spesies balapan baru ini.

Setahun berselang, Honda menggelar balap skutik untuk pertama kalinya di pengujung seri Honda Racing Championship (HRC) di Surabaya bulan lalu.

Tahun depan, pabrikan Honda malah bakal mengemas tiap seri HRC dengan balap skutik lewat regulasi mesin standar 110-115 cc dan tune-up 110-125 cc. Regulasinya diklaim sebagai regulasi yang mudah dan murah.

Sikap berbeda memang diambil Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang jualan skutik paling banyak. Tagline ’Wanita Jangan Mau Ketinggalan’ menjadi dasar kebijakan untuk tidak memasukkan Mio ke ajang kompetisi. Atau ada alasan teknis lain, entahlah. Namun yang jelas Ari Wibisono, manajer motorsport YMKI say thanks buat pemain-pemain skutik yang melibatkan Mio.

”Terima kasih untuk para penjual spare part, bisa menyediakan banyak komponen hingga bore-up,” ucapnya seraya bilang meski tak ada perbincangan untuk membalapkan Mio, bukan berarti pintu ke arah sana tertutup sama sekali.

Bak pusaran yang kian menguat, kompetisi skutik memang ’menyeret’ banyak pihak. Sebut saja industri dan bisnis pendukung yang terlibat, seperti AHRS, Federal, Idemitsu, Indoparts, IRC, Kawahara, Mitra2000 dan Pertamina.
klik disini masbro »» Balapan Skutik : Road Race Matic