Kamis, 16 Juni 2011

One Make Race Honda Bertajuk Honda Racing Championship

Dengan tujuan pengembangan sayap di dunia balap nasional, PT Astra Honda Motor (AHM) memperbanyak seri one make race (OMR) yang mereka bikin. Pada musim balap 2011 ini akan ada 9 seri Honda Racing Championship (tahun lalu hanya 5 seri).
“Pada musim ini, AHM lebih intens terhadap dunia balap nasional. Kita juga melihat animo masyarakat di luar Jawa cukup tinggi terhadap balapan Honda. Itu jadi alasan kenapa tahun ini menggelar OMR enggak hanya di pulau Jawa,” ujar Anggono Iriawan, manager safety riding & motorsports department AHM.
Komposisi jadwal OMR Honda sendiri, 5 seri akan digelar di pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Jepara, Yogyakarta dan Surabaya) dan sisanya akan menjelajah dari Medan (Sumut), Banjarmasin (Kalsel) dan Makasar (Sulsel). “Satu seri lagi, jadwalnya masih belum pasti. Ada 2 kota yang jadi pilihan, yakni Manado dan Bali,” jelas Anggono.
Walau jadwalnya sudah diperbanyak, namun hanya 5 seri balapan di pulau Jawa saja yang sistem poinnya berlaku. Namun bagi pembalap-pembalap yang berlaga di luar Jawa, diberikan hak khusus. Bagi mereka-mereka yang masuk 3 besar, akan diberi jatah untuk bisa berlaga di final OMR yang rencananya akan diselenggarakan di Surabaya.
Selain bertujuan untuk mengembangkan sayap, OMR di luar pulau Jawa juga akan dipakai untuk transfer ilmu seputar hardware dan software yang dikembangkan oleh HRC (Honda Racing Corporation) untuk AHM.
Ada hal menarik lainnya soal penyelenggaraan balapan ini. Salah satu kota di pulau Jawa yang akan disinggahi adalah Jepara. “Rencananya OMR Honda di Jepara akan diselenggarakan di kawasan stadion olah raga di kota tersebut. Animo masyarakat yang cukup tinggi dan jangan sampai ada kekosongan jadwal OMR Honda di wilayah utara pulau Jawa, jadi alasan ada penyelenggaraan di Jepara,” kata Anggono.
Seperti pada musim tahun lalu, OMR Honda tahun ini juga akan menyelenggarakan balapan sebanyak 7 kelas. Di antaranya adalah untuk pembalap seeded dan pemula A (Bebek Tune Up 125 dan 110 cc), pemula B (Bebek Standar 125 dan 110 cc) dan balap skutik Honda. (otosport.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar